English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 11 Maret 2011

Gempa Dasyat di Tokyo, Jepang

Tuhan menunjukkan kekuasaanya dengan adanya gempa dahsyat 8,9 skala richter yang terjadi di perairan Tokyo mengakibatkan gelombang tsunami setinggi enam meter yang melanda sejumlah kota di negara tersebut. Selain mengakibatkan tsunami, gempa juga menyebabkan kebakaran di wilayah yang dekat dengan pusat gempa.Gelombang tsunami dahsyat yang menyapu wilayah pesisir Jepang, menyebabkan sedikitnya 32 orang tewas, seperti dikutip dari AP.
Tsunami raksasa akibat gempa bumi terbesar dalam sejarah Jepang, 8,9 pada skala Richter, diikuti oleh setidaknya 19 gempa susulan dan memporakporandakan seluruh kota. Tremor yang keras bahkan mencapai Tokyo yang jaraknya ratusan mil dari pusat gempa.

Sebuah peringatan tsunami dikeluarkan untuk seluruh Pasifik, termasuk daerah yang jauh seperti Amerika Selatan, Amerika Serikat seluruh Pantai Barat, Kanada dan Alaska.

Sebuah perusahaan listrik di Jepang timur laut melaporkan kebakaran di sebuah gedung turbin pembangkit listrik tenaga nuklir. "Gempa bumi telah menyebabkan kerusakan besar di daerah yang luas di Jepang utara," ungkap Perdana Menteri Naoto Kan di sebuah konferensi pers.
Gempa menyebabkan tsunami setinggi 10 meter yang menyapu kapal, mobil, bangunan dan puing-puing ke daratan.
Gelombang air berlumpur melanda lahan pertanian di dekat kota Sendai, membawa bangunan, beberapa dalam kondisi terbakar. Landasan pacu Bandara Sendai bandara di utara Tokyo, dipenuhi dengan mobil, truk, bus dan lumpur tebal yang terhanyut.

Departemen Pertahanan Jepang telah mengirimkan pasukan ke daerah yang terkena gempa dengan menggunakan sebuah pesawat angkut dan beberapa helikopter.

Sebuah kebakaran besar terjadi di kilang minyak Cosmo di kota Ichihara di prefektur Chiba dekat Tokyo menyebabkan jilatan api yang membumbung setinggi 30 meter.

0 komentar: